Cara Mengganti Baterai Tanam Tablet Advan T3B

Selamat berjumpa kembali dengan blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengganti baterai tanam pada tablet Advan T3b. Pada umumnya tablet advan ini mempunyai kpasitas baterai yang cukup besar yaitu sebesar 3000 Mah. Dengan kapasitas sebesar iru seharusnya untuk pemakaian sehari sudah cukup. Dengan catatan tidak digunakan untuk bermain game secara terus-menerus. Seperti tablet punya saya yaitu Advan T3C yang masih bisa bertahan selama 2 Hari. 

Apa yang harus kita lakukan supaya baterai tanam kita awet? salah satunya adalah yang saya sebutkan diatas yaitu jangan terlalu sering main game. Apalagi jika bermain game sambil dicharge, hal ini bisa memperpendek usia baterai. Menurut artikel yang saya baca baterai itu punya jumlah batas pengisian, yaitu bila kita sudah melakukan pengisian baterai sama dengan batas dari pengisian baterai tersebut maka baterai kita akan cepat rusak. Batas pengisian ini pada masin-masing baterai berbeda ada yang hanya ratusan kali dan ada yang sampai ribuan kali. Jadi jangan melakukan charging baterai jika baterai belum benar-benar habis. Paling tidak lakukan pengisian bila daya baterai tinggal 10%. Dari artikel itu saya belum diketahui kebenaranya, namun setelah saya praktekan di tablet dan laptop saya alhamdulilah sekarng masih awet semua.

Ssekarang yang akan kita bahas adalah bila baterai kita sudah cepat habis dan bahkan mungkin sudah tidak bisa diisi sama sekali. Solusi terakhir adalah dengan melakukan penggantian baterai dengan yang baru. Berikut adalah langkah-langkah beserta bahan yang perlu dipersiapkan. Bahan yang harus disiapkan adalah baterai, obeng kecil, solder dan pencongkel. Pencongkel ini dapat kita biat dari potongan kartu sim, supaya ketika kita gunakan untuk mencongkel tidak merusak kasing tablet. 


Langkah pertama adalah dengan melepas penutup kartu sim dibagian belakang, kemudian melepas baut kecil dengan obeng. Setelah baut kita lepas semua langkash selanjutnya adalah dengan mencongkel bagian pinggir tablet supaya bisa terbuka tabletnya.


Setelah tablet terbuka, kita dapat melihat isi dari tablet seperti baterai, mainboard dan lain-lain. Kemudian kita lepas kabel bateari yang tersambung dengan mainboard dengan solder. Kemudian tinggal kita ganti dengan batarai yang baru. Jangan lupa untuk memasang lagi kabel baterainya dengan menyesuaikan min (-) dan plus (+).

Setelah itu tinggal kita coba dengan melakukan pengecasan bila masuk berati hasil operasi kita sukses. Namun bila tidak berhasil pastikan baterai kita tadi benar-benar bagus dan periksa posisi min dan plus baterai. Karena bila tidak sesuai maka baterai tidak akan bekerja. Bila sudah selesai tinggal kita tutup dan jangan lupa untuk memasang kembali bautnya.

Sekian dulu postingan saya yang membahas tentang cara mengganti tablet Advan T3B. Bila ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar. Terimakasih atas kunjunganya dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Flash Andromax C2 AD688G Old Bootloop Work 100%